Tips Membuat Kue Nastar Enak dan Lezat

Tips Membuat Kue Nastar – Selai nanas sangat mudah diperoleh di supermarket atau toko bahan kue. Anda juga bisa membuat sendiri selai nanas agar lebih menjamin kesterilan selai yang digunakan dalam membuat kue nastar. Tetapi, selai nanas yang digunakan tidak seencer selai nanas yang dikonsumsi dengan roti karena selai nanas untuk kue nastar lebih padat. Apabila kemudian Anda tidak punya waktu untuk membuat selai sendiri, Anda bisa menggunakan selai jadi. Tetapi jika kondisi selainya terlalu encer, bisa diolah untuk menguapkan air dengan cara memasaknya kembali dengan api sedang.

Tips Membuat Kue NastarSebelum melakukan olahan anda bisa baca terlebih dahulu resep dan cara membuat kue nastar agar memasaknya semakin mantap dan tidak takut salah. Adonan nastar sebaiknya jangan menggunakan 100% butter karena hasil kue nastar yang akan diperoleh sangat rapuh. Jadi sebaiknya dicampur dengan mentega (perbandingan 30% dan 70%).  Adonan jangan diaduk terlalu lama menggunakan mixer listrik karena membuat hasil kue menjadi keras. Anda juga bisa mengganti alat pengaduk dengan menggunakan spatula kayu atau ballon whisk.

Membuat kue nastar memang tidak memiliki ukuran dan patron yang baku. Ada yang membuat kue nastar dengan bentuk bulatan besar, ada juga yang kecil. Semua tergantung pada kesukaan si pembuat kue nastar tersebut. Kadangkala juga kue nastar yang kita buat tidak sama ukurannya sehingga tidak seragam. Mengatasi hal tersebut, bisa menggunakan alat pemotong kue dengan bentuk bulatan sehingga hasil adonan bisa sama besarnya.

Memoleskan kuning telur di kue nastar harus dalam keadaan telah dipanggang dalam oven selama 20 menit. Hal ini bertujuan untuk mencegah nastar mengalami pecah pada permukaannya. Olesan yang cantik dan mengkilap bisa dihasilkan dengan melakukan penambahan madu ke dalam kuning telur sebagai olesan kue nastar.

Setelah nastar matang, dinginkan dengan baik sebelum memasukkan ke dalam toples atau kemasan. Hal ini menghindari nastar cepat lembek (melempem) bahkan jamuran di waktu yang relatif cepat. Termasuk selai nanas yang digunakan (atau jenis selai lainnya) sebaiknya kandungan air tidak ada karena akan mempengaruhi ketahanan kue nastar itu sendiri. Jadi, sebaiknya membuat kue nastar sekitar 1-2 bulan sebelum masa dikonsumsi.