Surat Keterangan Domisili (SKD) Perusahaan

Surat Keterangan Domisili (SKD) Perusahaan seringkali dimintai untuk menjadi salah satu penguat bukti tentang keberadaan Perusahaan kita. Hal ini wajar karena untuk lebih meyakinkan klien, atau rekan bisnis dalam menjalin hubungan kerja sama. Apalagi jika saat ini marak terjadi penipuan. Oleh karena itu Surat Keterangan Domosili penting untuk dilampirkan guna mencegah hal-hal demikian.

Surat Keterangan Domisili PerusahaanMemiliki SKD atau Surat Keterangan Domisili harus mengikuti syarat-syarat sebelum mengajukan permohonan pembuatan SKD, seperti:

  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari pemilik perusahaan
  • Foto copy Pembayaran PBB Lunas tahun terakhir
  • Foto copy Akta Pendirian Perusahaan

Setelah semua syarat telah dipenuhi, maka langkah selanjutnya adalah cara mengajukan permohonan pembuatan SKD, antara lain sebagai berikut:

  • Syarat-syarat yang telah dipenuhi dibawa ke kantor RT setempat dan meminta kepada RT untuk membuatkan surat pengantar pembuatan Surat Keterangan Domisili
  • Biasanya, di pihak RT akan dimintai sumbangan sukarela dari pemohon. Jumlahnya beragam, tergantung di wilayah mana RT tersebut berada. Nominalnya berkisar antara 5.000 perak hingga 100 ribu rupiah
  • Setelah dari RT, kemudian melanjutkan ke RW. Di kantor RW juga biasanya memungut sumbangan sukarela yang besarnya sesuai dengan kesepakat yang berlaku di daerah masing-masing
  • Setelah selesai, surat pengantar dari RT dan RW dilanjutkan ke Kelurahan wilayah setempat. Di Kelurahan, Anda akan mengisi formulir SKD dan menyerahkan syarat-syarat yang sudah disiapkan. Memerlukan waktu kurang lebih 3 hari SKD tersebut selesai.

Soal biaya Pembuatan Surat Keterangan Domisili memang menjadi dilema bagi sebagian masyarakat. Sebab di dalam formulir SKD disebutkan tidak ada pemungutan biaya tetapi pada prakteknya tetap ada pungutan ketika mengurus SKD tersebut. Tetapi, sebenarnya bukan persoalan serius sebab semua kembali kepada diri Anda sendiri apakah mau merelekan sejumlah uang untu mendapatkan keabsahan domisili Anda.

Apabila Anda termasuk orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk mengurus SKD, Anda dapat menggunakan jasa notaris. Namun, tentu saja ada biaya yang jauh lebih besar dibandingkan sekedar sumbangan sukarela seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Tetapi, Anda juga tidak perlu khawatir karena Anda akan mendapatkan SKD dengan cepat dan mudah tanpa harus mengurus sendiri.