Tips Memilih Nama Domain

Memilih nama domain merupakan salah satu langkah pertama saat anda ingin membuka sebuah bisnis online selain memiikirkan apa yang akan dijual. Dan tentunya hal itu berkaitan erat dengan nama domain bisnis online nantinya. Identitas bisnis online ditentukan dengan nama domain. Tidak mungkin kalau menjual pakaian tetapi memakai nama domain toko bahan bangunan, kan? Jadi, sangat berkaitan erat.

Memilih Nama DomainBeberapa tips memilih nama domain adalah sebagai berikut:
•    Jumlah Kata
Nama domain sebaiknya yang pendek dan singkat. Hal ini dapat memudahkan untuk mengingat. Misalnya souvenir.com jauh lebih enak dan menarik dibandingkan souvenirunikdanmurah.com.

•    Ekstensi
Ekstensi sebuah domain menjadikan pemilik domain akan memiliki rasa gengsi tinggi. Selama ini, penggunaan domain [dot]com sangat diminati sehingga eksistensinya semakin berkurang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menggunakan domain lain seperti [dot]net, [dot]web[dot]id, [dot]org atau yang lainnya. Apalagi jika mencoba menggunakan nama domain [dot]co[dot]id, untuk target bisnis masyarakat Indonesia. Soalnya selama ini domain [dot]co[dot]id jarang digunakan padahal sangat cocok jika pangsa pasar hanya terfokus pada masyarakat Indonesia saja. Tidak ada salahnya dicoba.

•    Minus & Angka
Memilih nama domain sebaiknya tidak menggunakan tanda minus (-) atau angka. Hal ini mempengaruhi SERP dalam mendeteksi domain Anda, apalagi kebanyakan para pencari informasi di dunia maya jarang menggunakan minus atau angka. Minus atau angka memiliki kesan tidak bagus dalam search engine lagipula angka sering terlupakan orang dibandingkan kata atau kalimat.

•    Tepat Makna
Sebelum yang dikatakan sebelumnya bahwa nama domain disesuaikan dengan produk yang akan dijual. Jangan sampai di dalam website berjualan roti tetapi nama domain justru tertulis berjualan pakaian. Hal tersebut akan menyulitkan posisi di Search Engine tentunya.