Tips dan Cara Memilih Gitar Akustik

Tips dan Cara Memilih Gitar Akustik – Sebagai salah satu jenis alat musik, gitar lebih banyak disukai dibanding alat musik lainnya. Apalagi jenis gitar akustik. Namun, memilih gitar akustik yang baik juga perlu diperhatikan sebab tidak semua pedagang alat musik menjajakan gitar akustik dengan kualitas baik. Jika salah memilih, Anda hanya akan mendapatkan gitar akustik dengan kualitas buruk dan suara yang sumbang alias fals.

Tips dan Cara Memilih Gitar AkustikDasar pengetahuan yang diperlukan tentang yang baik harus memenuhi beberapa syarat berikut, antara lain:
•    Fret
Anda harus mengetahui tentang fret. Secara umum fret dalam gitar akustik ada 18 untuk nylon tetapi ada juga yang lebih dari 18 untuk steel guitar. Tiap nada dari fret harus dicoba dengan melakukan petikan gitar. Jangan sampai salah karena terkadang ada jenis gitar akustik yang 2 fret-nya menghasilkan satu nada bahkan nada yang fals alias sumbang.
•    Senar
Pemilihan senar untuk gitar akustik boleh yang terbuat dari nylon atau steel. Namun, bahan senar dari nylon lebih tahan lama dibandingkan steel. Di samping itu, bentuknya juga lebih lentur dibandingkan steel.
•    Bahan
Bahan dari gitar akustik juga harus yang baik. Pilihlah bahan gitar akustik yang kuat, biasanya terbuat dari kayu lapis tebal, apalagi untuk body gitarnya. Hal ini untuk menunjang hasil suara yang maksimal jernih.
•    Neck
Memilih gitar akustik yang bagus juga dapat dilihat dari neck gitar tersebut. Pilihlah neck gitar yang kuat dan lurus untuk mencegah terjadinya patah atau bengkok. Pabrik gitar akustik biasanya menambahkan plat logam untuk bagian neck gitar akustik tetapi tidak semua pabrik melakukan hal demikian.
•    Pickups
Bagian ini tidak bersifat waji. Hanya merupakan bahan tambahan untuk gitar akustik. Tetapi jika ingin menggunakan pickups sebaiknya mencari yang sama digunakan oleh gitar elektrik.
•    Pemutar senar dan head atau istilah kerennya headstock
Pemutar senar dan head ini (headstock) sebaiknya menggunakan bahan yang anti karat agar gitar akustik tahan lama alias awet.
•    Stem
Melakukan tahap “stem” dengan cermat. Bisa dilakukan dengan mencoba nada-nada baku. Jangan sampai ada nada-nada sumbang yang terdengar dari gitar akustik

Itulah tips dan cara memilih gitar akustik yang baik, semoga dapat menjadi bahan pengetahuan dan referensi sebelum membeli gitar akustik kesayangan Anda.