10 Negara Termiskin di Dunia

10 negara termiskin di dunia – Benua Afrika adalah salah satu benua di dunia yang memiliki beberapa negara dengan julukan negara termiskin di dunia. Ada 6 (enam) negara dari benua Afrika yang masuk ke dalam daftar 10 negara termiskin di dunia. Miskin menjadi predikat karena sangat berkaitan dengan kemiskinan, ketertinggalan akibat pendapatan perkapita yang sangat rendah.

Ingin mengenal tentang 10 negara termiskin di dunia tersebut? Yuk, simak daftar negara di bawah ini berikut penjelasannya.

1. Negara Malawi
Malawi berlokasi di Afrika Selatan, tepatnya di Zambia Timur. Penduduknya berjumlah 13.603.181 jiwa dengan PDB per kapita hanya $ 600. Malawi dipimpin oleh seorang Presiden. Sejak merdeka, Presiden Malawi bernama Kamzu Banda. Namun, pada tahun 1990-an terjadi pergulingan rezim sehingga Presiden Kamzu Banda digantikan oleh Bakili Muluzi melalui pemilu 1994.

Kehadiran Presiden Bakili Muluzi memang membawa sistem pemerintahan yang lebih terbukan namun menyebabkan korupsi, kemiskinan serta menyebarnya virus HIV-AIDS semakin merajalela. Hal ini menjadikan perekonomian di negara Malawi semakin kacau balau. Rakyat tidak puas dengan sistem pemerintahan yang tidak membawa perubahan signifikan kepada rakyatnya. Kemudian Malawi di desak oleh beberapa lembaga dunia untuk melakukan korporasi untuk memperbaiki perekonomian negaranya.

Malawi menggantungkan perekonomiannya pada pertanian subsisten, tetapi jumlah pasokan makanan tidak stabil apalagi kondisi negara Malawi yang rentan terhadap bencana alam. Apalagi lebih dari setengah penduduk hidup di bawah garis kemiskinan. Kemudian kenyataannya, setiap tahun penduduk Malawi ada yang meninggal dunia akibat terserang virus HIV AIDS. Berbagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut sejak tahun 2004 tetap tak memberikan arti apa-apa.

2. Negara Somalia
Somalia berlokasi di Afrika Timur, berbatasan langsung dengan Teluk Aden dan Samudera Hindia, sebelah timur Ethiopia. Jumlah penduduk 9.118.773 jiwa dengan PDB per kapita: $ 600. Sejak tahun 1960, Somalian menunjukkan perkembangan yang lambat. Hubungan diplomatis dengan negara tetangga menjadi tidak harmonis akibat klaim teritorial pada wilayah yang dihuni Somalia dari Ethiopia, Kenya dan Djibouti.

Karena hal tersebut, negara Somalia mendapat berbagai julukan, seperti tempat terjadinya krisis kemanusiaan terburuk Afrika karena adanya tingkat kelaparan dan kematian yang tinggi dan juga pemerintahan  yang tidak efektif sejak tahun 1991. Selain itu, tidak ada kesatuan dalam wilayah dalam memberikan pelayanan kepada penduduknya.

3. Negara Comoros
Negara Comoros berlokasi di Afrika Selatan, sekitar dua-pertiga dari jalan antara utara Madagaskar dan utara Mozambik. Jumlah penduduk 711.417 jiwa dengan PDB per kapita: $ 600. Comoros mengalami ancaman disintegrasi yang disebabkan sebuah sejarah kekerasan politik yang menyebabkan Comoros sangat miskin. Politik yang terjadi di negara Comoros diwarnai dengan kudeta, konflik dan pemberontakan. Oleh karena itu, Comoros adalah salah satu negara termiskin di Afrika dan sangat bergantung pada bantuan asing. Sumber daya alam Comoros hanya ada vanili, cengkeh dan esensi parfum yang sangat rentan terhadap fluktuasi harga.

4. Kepulauan Solomon
Negara ini berlokasi di Oseania. Jumlah penduduk 566.842 jiwa dengan PDB per kapita: $ 600. Kepulauan Solomon masuk ke dalam negara termiskin oleh Bank Dunia. Mulai dari krisis bahan bakar dan keuangan dan pada tahun 2009, penurunan jumlah ekspor logistik, serta terjadinya perang sipil yang membuat negara ini hampir saja bangkrut. Oleh karena itu Austraia ikut menjadi negara yang memastikan dan menjaga Solomon dalam hal perekonomian.

5. Negara Kongo
Berlokasi di Afrika Tengah dengan jumlah penduduk 65.751.512 jiwa dan PDB per kapita: $ 700. 70% penduduk masih hidup di bawah garis kemiskinan. Kongo juga merupakan salah satu negara penghutang terbesar dunia.

6. Negara Burundi
Berlokasi di Afrika Tengah dengan jumlah penduduk 8.390.505 jiwa dan PDB per kapita: $ 700. Perang selama 12 tahun oleh etnis berbasis sipil menyebabkan negara Burundi menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Separuh dari penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan dengan pendapatan mata uang asing (devisa Negara) hanya diandalkan dari hasil alam berupa kopi dan teh saja.

7. Timor Timur / Timor-Leste
Berlokasi di Asia Tenggara, ujung timur kepulauan Indonesia. Sekedar informasi, Timor Timur masuk ke dalam bagian timur pulau Timor, Oecussi (Ambeno) wilayah di bagian barat laut pulau Timor dan pulau-pulau Atauro dan pulau-pulau Jaco. Jumlah penduduknya 1.084.971 jiwa dengan PDB per kapita: $ 800.

Timor Timur menjadi salah satu negara termiskin di Asia, karena bergantung pada bantuan dari luar selama bertahun-tahun. Selain itu, infrastruktur yang miskin dan negara ini rawan kekeringan. Saat ini sudah ada kerja sama dengan Australia untuk menangani masalah perekonomian tersebut.

8. Negara Tanzania
Berlokasi di Afrika Timur, berbatasan dengan Samudera Hindia. Jumlah penduduk 39.384.223 jiwa dengan PDB per kapita: $ 800. Negara Tanzania masuk ke dalam salah satu negara termiskin di dunia oleh Bank Dunia karena banyak penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan. Tanzania juga hanya memiliki mineral ekspor dengan sistem pertanian yang masih primitif. Selain itu, Tanzania gagal dalam inefisiensi, korupsi, perlawanan dari petani dan kenaikan harga minyak impor.

9. Negara Afghanistan
Berlokasi di Asia Selatan dengan jumlah penduduk 31.889.923 dan PDB per kapita hanya $ 800. Afghanistan telah mengalami ketidakstabilan kronis akibat adanya konflik sejarah modern, membangun ekonomi dan infrastruktur dari konflik yang terjadi serta banyaknya rakyat yang menjadi pengungsi. Selain itu, kemiskinan membelenggu Afghanistan karena pasukan Soviet di tarik dalam konflik yang terjadi. Perekonomian Afghanistan hanya didukung oleh industry opium (bahan baku heroin) dan memasok 90% .

10. Negara Yaman
Berlokasi di Timur Tengah, antara Oman dan Arab Saudi dengan jumlah penduduk 22.230.531 jiwa dan PDB per kapita hanya $ 900. Ketegangan yang terjadi di Yaman mengakibatkan pertumbuhan ekonomi melemah. Terjadi inflasi tinggi dan tingkat pengangguran meningkat akibat tidak ada lapangan pekerjaan untuk menampung pengangguran sehingga menyebabkan defisit anggaran yang jumlahnya tidak sedikit.